top of page

Lensa Fix vs Lensa Zoom : Kamu cocok yang mana?


www.plazakamera.com
Kiri: Lensa Fix Kanan: Lensa Zoom


Dalam dunia fotografi kita mengenal dua macam gear lensa kit. Ada lensa fix dan lensa zoom. Di perkembangan era teknologi sekarang ini, perusahaan kamera terus menciptakan lensa-lensa kit dengan fitur yang semakin canggih. Pada lensa zoom, produsen sudah meningkatkan fitur dan performa yang hebat seperti sensor tajam, image stabilizer, bahkan sekarang ada kamera zoom yang memiliki focal length yang mirip dengan kamera fix.


Nah, yang menjadi pertanyaan adalah ketika lensa zoom punya fitur seperti terdapat pada lensa fix, membuat kita bimbang apakah kita harus membeli lensa zoom atau lensa kit saja. Maka dari itu kita bahas dulu karakteristik keduanya.


Lensa Zoom


Pada lensa zoom memiliki focal lenght yang bervariasi dalam satu lensa. Lensa ini memberikan anda kemampuan untuk memperbesar objek yang jauh sehingga terlihat dekat. Lensa zoom memiliki 2 spesifikasi yang mewakili 2 focal length paling extreme yang bisa Anda dapatkan, focal length terpendek & focal length terpanjang, misal: lensa 70-200mm. Lensa semacam itu bisa digunakan seolah kita sedang pakai lensa fix 70mm, 200mm, dan semua focal length diantaranya.


Kita juga akan sering melihat tulisan f/3.5-5.6 di lensa zoom pada umumnya. Angka itu merupakan nilai maksimal aperture yang bisa kita dapatkan dari lensa-lensa tersebut. Sebagai contoh, lensa Nikon 18-55mm f.3.5-5.6 akan memiliki aperture maksimum f/3.5 pada focal length terpedek yaitu 18mm, dan pada saat digunakan di focal length terpanjang yaitu 55mm, aperture akan terbatas di f/5.6.


Lensa Fix


Berbeda dengan lensa zoom, lensa fix atau juga disebut lensa prime hanya memiliki satu focal length saja pada satu lensa yang juga berarti hanya memiliki satu jangka field of view. Pada lensa ini tidak memiliki fitur zoom, sehingga untuk menjepret suatu objek kita harus memposisikan diri kita dimana kita berdiri.


Lensa fix mempunya satu ukuran focal length saja, misal 50mm. Banyak variasi focal length pada lensa fix, mulai dari fisheye hingga telephoto. Contoh: Canon 800mm f/5.6L IS, Sigma 35mm f/1.4.


Kelebihan Lensa Zoom


Image Stabilization


Pada lensa zoom modern menawarkan 3-4 stop sistem image stabilization. Hal ini memungkinkan kita menggunakan shutter speed rendah (lebih lama) saat kondisi low-light karena lensa zoom dengan stabilization akan membantu meminimalisir goyangan.


Portabilitas


Walau lensa zoom lebih besar dan berat, namun ketika kita berburu foto yang memerlukan banyak varian field of view lensa zoom memberikan keringanan ketika membawanya, karena lebih hemat space, ringan, dan juga lebih praktis ketika kita mengambil gambar tanpa harus gonta-ganti lensa.


Lensa Fix


Bokeh


Pada lensa fix kita disuguhkan fitur bokeh yang mudah. Aperture maksimum yang ada pada lensa zoom pada umumnya adalah f/2.8. Sementara lensa fix punya aperture f/1.4 aja udah cukup umum, bahkan ada yang sampai f/1.1. Aperture yang lebih lebar ini tidak hanya memberikan kemampuan kamera kita untuk menangkap lebih banyak cahaya sehingga bisa lebih fleksibel, tapi juga memberi kita efek backgorund blur yang lebih bagus.


Low-Light


Masih sehubungan dengan penjelasan poin sebelumnya, aperture yang lebih lebar akan memberi kesempatan cahaya masuk ke sensor 2-3x lipat dari biasanya. Hal ini dikarenakan tidak ada kebutuhan untuk zooming, desain optik jerohan lensa fix lebih simple dibandingkan lensa zoom. Hal ini memungkinkan lensa fix untuk memiliki aperture lebar tadi, bahkan hingga f/1.1.


Harga


Banyak sekali lensa fix modern yang rata-rata harganya lebih murah daripada lensa zoom. Lensa 24mm f/2.8m bisa dimulai dari harga 2 jutaan, sementara lensa 24-70mm f/2.8 paling murahnya saja masih di angka 10 jutaan. Bahkan jika Anda beli beberapa lensa fix seperti 24mm, 35mm, dan 85mm bisa jadi masih lebih murah dibandingkan beli 24-70mm tadi.


Kesimpulan


Setelah dipaparkan perbedaan kedua jenis lensa kit diatas, untuk memahami kebutuhan jenis lensa anda kembali lagi ke gaya fotografi anda. Kalau anda tipe orang yang senang memotret jarak dengan dengan efek bokeh maka lensa fix adalah pilihan yang cocok bagi anda. Sedangkan jika anda tipe orang yang senang bereksplorasi tempat atau mungkin anda seorang jurnalis maka lensa zoom adalah pilihan tepat bagi anda yang membutuhkan kecepatan dalam memotret objek tanpa harus gonta-ganti lensa.


Sekian informasi kali ini semoga menjadi pertimbangan bagus untuk anda memilih gear khususnya lensa kit!


0 views0 comments
bottom of page